Rabu, 25 Juli 2007

Cendol Sialan

Waktu itu gw masih kelas 3 SMP. Masih pake putih-biru. Waktu itu lagi masa-masa menikmati banget indahnya masa SMP. Gimana gak menikmati, waktu itu gw dapetin hal-hal yang gak gw dapetin selama 2 taun sebelumnya. Masuk kepengurusan OSIS, pacaran sama juara kelas sekaligus primadono level sekolahan, punya geng dan nguasain ruang OSIS buat dijadiin markas (karena ketua OSISnya masih anggota geng gw...). Beda banget ama kondisi gw yg lumayan mengenaskan di taun pertama dan kedua di SMP.

*Taon pertama :

Boro-boro masuk OSIS, gw masih tergolong rakyat jelata. Masih tertindas tiap kali berhadapan sama senior dan masih ngiler kalo liat temen-temen seangkatan yang masuk jajaran pengurus OSIS. Waktu itu gw sempet pacaran sama seorang senior, tapi cuma status doang. Abis dia nembak, gw terima, ya udah gitu aja. Kagak ngobrol-ngobrol, pulang bareng, curhat-curhatan. Pegang tangan aja belom pernah. Hebatnya, bisa sampe 6 bulan walopun cuma diem-dieman doang, dan berakhir dengan tragis waktu lagi camping.

*Taon kedua :

Semester pertama di taon kedua masih jadi rakyat jelata, cuma bedanya lagi merintis karir. Lagi-lagi gw ditempatin di kelas A, kelas yang katanya kelas unggulan di sekolah gw (padahal gw masuknya untung-untungan). Sekelas sama beberapa orang yang udah masuk jajaran orang-orang yang bikin gw ngiler. Temen gw paling deket cuma 3 orang, sisanya boro-boro temenan, jangan-jangan kenal aja kagak. Semester kedua, mendadak gw dipanggil suruh dateng interview. Merasa bukan selebritis ato pengangguran yang lagi nyari kerjaan, gw heran, interview apaan? Ternyata interview buat pemilihan pengurus OSIS. Dan akhirnya gw lulus dengan mengejutkan (karena orang yang kenal gw selama ini paling-paling temen sekelas dan anak PMR doang). Waktu itu jabatan gw jadi ketua mading. Ya, ketua mading. Jabatan yang pretensius buat gw (apapun arti pretensius itu), apalagi ketika beberapa bulan berikutnya dirilis film Ada Apa Dengan Cinta yang membuat profesi Ketua Mading Sekolah menjadi sangat berkelas.

Balik lagi ke cerita Cendol Sialan.

Waktu itu lagi pulang sekolah. Gw agak lupa gw jalan ama siapa, tapi klo ga salah gw jalan sama temen-temen geng gw. Di depan gang deket sekolah ada tukang es cendol lagi ngetem (buset dah... tukang es apa angkot??). Karena waktu itu kita sekolah pagi dan tiap kali kita pulang pas tengah hari bolong, seporsi es cendol bisa jadi cemilan se-prestisius es krim Baskin Robbins. Dengan duit pas-pasan sisa jajan, gw pesen seporsi, pake plastik karena gw pengen minumnya sambil jalan. Seporsi es cendol udah di tangan dan perlahan-lahan merayap di lidah, terus tenggorokan, terus perut, ouwh........ nikmat yang tak terkalahkan. Sayangnya, kejadian selanjutnya membuyarkan rasa nikmat ituhhh.......

Baru beberapa langkah abis nyebrang jalan, mendadak gw dikejutkan dengan sekelebat bayangan kayak orang lari di samping gw, terus gw ngerasa kayak dipeluk orang dari belakang. Oh.... ini pasti temen gw yang ngejar-ngejar gara-gara ditinggal pulang duluan, kali. Pas gw nengok ke samping, HWAAAAA.............!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Ternyata itu bukan temen gw, tapi si Helen, orang gila paling terkenal se-kecamatan Rangkasbitung. Tangan kanannya ada di pundak gw, sementara tangan kirinya narik-narik es cendol gw. Begonya, karena gw sama sekali nggak nyadar apa yang sedang terjadi, gw malah maen tarik-tarikan sama si Helen selama beberapa detik. Setelah itu gw baru nyadar kalo gw lagi rebutan es cendol sama orang gila di trotoar pinggir jalan raya sambil diliatin sama temen-temen geng gw, orang yang lewat bawa kendaraan, dan temen-temen SATU SEKOLAH yang ngeliatin gw dengan tampang horor. Waktu itu gw langsung ngerelain es cendol gw dan ngibrit lari sekenceng-kencengnya sambil tereak-tereak ngejar temen-temen gw. Jahatnya, temen-temen gw malah lari ketakutan dikejar gw, mungkin dikiranya penyakit jiwa itu bisa menular melalui sentuhan atau hubungan batin. Kurang ajar.

Begitu nyampe rumah, gw bersikap biasa. Kagak ganti baju, langsung berbasa-basi ama nyokap gw. “Mah...tau ga, tadi pas di jalan dipeluk orang gila....”. Nyokap gw langsung tereak-tereak nyuruh gw mandi, ganti baju, terus bajunya langsung dicuci. Kalo di deket rumah gw ada laundry, udah disuruh dibawa ke laundry, kali. Tapi, berhubung gw males mandi karena waktu itu masih siang, sekaligus juga buat nenangin nyokap, gw bilang aja, “Nggak kok, cuman dikejar doang....”. Terus gw ke kamar mandi dan cuci tangan sebersih-bersihnya dan ganti baju. Gw ga inget apa besoknya gw masih pake seragam yang sama ato nggak. Oh ya, untungnya waktu itu pacar gw gak liat. Kalo liat, wah.....dia udah siap-siap bikin audisi buat nyari cewek baru, kali.

Mungkin ini sebabnya kenapa gw sering bersikap aneh, di luar akal sehat, menakjubkan............ intinya gw ini GILA. Mungkin emang bener penyakit jiwa itu menular lewat sentuhan dan kontak batin selama beberapa detik. Wah.....berarti lebih parah dari AIDS, dong?

Dan mungkin itu juga yang bikin gw ga punya pacar sampai sekarang karena masih berasa ada aura sintingnya........

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wawkakwakwka


wah lucu banget cerita nya........
monk2 kamu nack mn?
msh smk 2?
slm knl y!!!!!111

Andri kuswandani mengatakan...

hebat bener ngarang bebasnya...!!!