Rabu, 25 Juli 2007

Review : Harry Potter and The Chamber of Secrets

Walopun dari dulu ampe sekarang gw gak doyan nonton film-film fantasi macam Harry Potter, Pirrates of Carribean, ato Star Wars, tapi gw punya alasan cukup buat nonton Harry Potter waktu ditayangin salah satu stasiun TV swasta beberapa hari yang lalu. Selain karena gw pernah berfantasi ngedate sama Daniel Radcliffe (before i knew that ke’s a jewish), juga karena cowok yang lagi gw taksir sekarang ternyata penggemar dari ketiga film fantasi tsb (oh, tidak....). Mencoba mendalami hobi orang yg kita taksir memang cukup ampuh pada masa-masa PeDeKaTe, walopun terkadang pedih juga kalo yang dia suka ternyata hal yang kita sebelin. Lebih pedih lagi kalo udah capek-capek nyoba hobinya, eh, PDKTnya juga gagal.

Kejelekan dari tayangan TV (ato segala sesuatu yg nongol di TV) bisa dibagi menjadi 3 kategori. Ngebosenin, Konyol, dan Ngeselin. Sinetron Intan dan Candy yang tayang tiap hari masuk kategori Ngebosenin. Film Heart, War of The World, dan sinetron-sinetron Lativi, Trans TV, dan Indosiar masuk kategori Konyol. Cewek cablak di iklan Kartu As versi Mulutmu Harimaumu masuk kategori Ngeselin. Dan, dengan sangat berat hati dan permohonan maaf yang amat sangat kepada seluruh fans Harry Potter yang jumlahnya lebih banyak dari fans Kangen Band (hya iya laah..... eh, gw lupa, Kangen Band masuk kategori Ngeselin, tuh), kesimpulan yang dapat diambil dari review ini adalah: film Harry Potter adalah gabungan dari ketiganya; Ngebosenin, Konyol, dan Ngeselin (jarang-jarang kesimpulan ditaro di paragraf pertama).

*Ngebosenin

Akhirnya gw nemu juga film yang durasinya jauuuuh lebih panjang dari film Heart. Saking lamanya, gw sampe ga sabar banget nunggu filmnya beres, tapi bukan karena penasaran sama ceritanya. Gw nunggu iklan buat nerusin nulis review ini, dan gw nunggu filmnya beres buat bikin mie goreng karena nonton Harry Potter adalah sebuah perjalanan wisata yang sangat panjang buat gw. Dan gara-gara filmnya kelamaan, gw jadi ga bisa nonton Tae Guk Gie yang juga ditayangin ANTV setengah jam sebelom filmnya beres. Daripada ga nonton dari awal mendingan ga nonton sama sekali. Padahal gw dari dulu pengen banget nonton film yang dijiplak sama si Koya Pagayo ini.

*Konyol

Sebenernya, konsep ide cerita penyihir anak-anak aja udah konyol buat gw. Ga tau ya, mungkin karena masa kecil gw kurang bahagia, jadi waktu kecil gw kurang diberi ‘makanan’ anak-anak, kayak lagu anak-anak dan film anak-anak, apalagi penyihir anak-anak. ‘Makanan’ gw waktu kecil adalah lagu-lagunya Reza, Paramita Rusadi, dan Vina Panduwinata, dan tontonan gw adalah sinetron-sinetron Lulu Tobing, Dina Lorenza, dan Tamara Blesswhateva. Jadi wajar klo gw ga begitu terima sama konsep cerita penyihir anak-anak. Beberapa adegan konyol muncul sejak awal film, dan bahkan beberapa diantaranya muncul secara berurutan pada saat anti-klimaks film ini (ya, serentetan adegan konyol menjelang akhir film. Fyuuh....). Mobil terbang, hal konyol pertama yang mucul di film ini. Berita bagusnya adalah, walopun muncul di awal film, tapi nggak di 15 menit pertama. Jadi nggak terlalu nyebelin, nggak kayak film Lentera Merah ato Pesan Dari Surga yang bikin shock di 3 menit pertama.

Waktu Harry masuk kamar rahasia, dia ketemu seekor makhluk tanggung. Disebut naga bukan, dinosaurus bukan, monster Loch Ness juga bukan, walopun merupakan perpaduan dari ketiganya. Okelah, sebut aja naga. Alkisah, naga tersebut jago banget dan bikin Harry ketakutan setengah mati waktu dikejar-kejar di sepanjang lorong kamar rahasia yang lebih mirip goa. Adegan konyol terjadi saat, liat aja sendiri apa yang dilakukan Harry supaya si naga itu pindah haluan waktu si naga bikin Harry stuck di jalan buntu. Di adegan berikutnya, si naga nyasir dikalahin sama burung yang disebut Fawkes. Hebat banget. Padahal burung cangkurileung punya kakedian, Harry nemu pedang, terus dia pake buat nusuk si naga. Adegan konyol muncul waktu si naga sempoyongan karena ditusuk pedang. Sumpah, gw ngakak banget. Dari ekspresi muka si naga gw ngebayangin kayak sopir bajaj yang pahanya dielus-elus sama Julia Perez.

Kelar menghabisi si naga, Harry rupanya ketagihan sama kegiatan tusuk-menusuk ini. Karena dia langsung nyabut gigi naga yang nancep di tangannya (ouch...it must be hurt!), terus nusuk diary Tom Riddle pake gigi itu. Diarynya langsung keluar darah dan Tom Riddle langsung kelojotan dan menghilang selama-lamanya. Gw mengharapkan efek yang sama kalo gw nusuk buku otobiografi Shanker RS, BSc., sutradara film-film horor nyebelin di Indonesia.

Ngomong-ngomong soal Tom Riddle, kita mesti mengusut latar belakang sang penulis, JK Rowling. Entah mungkin waktu SD Rowling pernah sobatan sama Sophie Neveu, sampe-sampe mereka berdua sama-sama punya elmu acak kata (kriptograf ya, kalo ga salah). Liat adegan waktu Tom Riddle yang imut itu (ouwh.....!!) nulis nama lengkapnya di tembok: TOM MARVOLO RIDDLE, kemudian dengan kreatifnya diacak jadi I AM LORD VOLDEMORT.

*Ngeselin

Nonton Harry Potter membuka kenangan pahit tentang betapa terpuruknya nilai-nilai pelajaran eksak gw, baik waktu SMP maupun waktu SMA. Karena menurut gw, nonton Harry Potter sama kayak pelajaran Biologi, kita gak bakal ngerti terusannya kalo kita gak hapal nama-nama ribet dan aneh yang ada di dalemnya. Nama-nama kayak Voldemort, Griffindor, Slytherin, Dumbledore, dan Gilderoy Lockheart terdengar nggak jauh beda dengan Zephiranthes grandiflora, Sarracenia leucophylla, dan Notoscordum sellowianum (hyakk....buat ngetiknya aja gw mesti nyontek ke katalog produk taneman hias.....). Ada lagi yang lebih parah: manteranya. Klo yang satu ini bukan ngeselin, tapi melelahkan, karena buat ngerti dia ngomong apaan kita mesti liat ke terjemahannya yang munculnya cuma beberapa detik. Tapi salut buat pemeran-pemerannya yang rela ngapalin skrip yang lebih berat bacanya ketimbang baca novelnya itu sendiri. Oh ya, gw juga punya mantera aseli bikinan gw, nih: FINITA EXAMINATA. Gw amat sangat berharap manteranya ampuh, itu mantera buat menghapuskan ujian nasional......... (ngarep banget, si.....)

Saran gw buat stasiun TV yang mo nayangin Harry Potter, mendingan nama-nama karakternya jangan ikut diterjemahin, deh. Bisa-bisa nasibnya kayak karakter hantu WC yang oleh Trans TV namanya diterjemahin jadi Myrtle Merana. Entah apa nama aslinya sebelum diterjemahin gitu. Kuping gw sih nangkepnya Myrtle Mourning, tapi kok malah kayak merk handuk yang suka dipake sama anak Paskibra di sekolah gw ya? Oh ya, suaranya si Myrtle Whateva ini kayak suara narator di Scarriest Places On Earth, salah satu reallity show paling spooky yang dulu pernah ditayangin di Metro TV.

Karakter yang paling ngeselin adalah Dobby (no explanation for this, udah jelas).

Satu lagi yang ngeselin, adegan flashback ke 50 tahun yang lalu itu kurang cihuyy, tuh. Lebih cihuyy adegan flashback di film Ghost Ship.

Oh ya, mungkin klo gw boleh nambahin, masih ada satu poin lagi, yaitu:

*Melelahkan

Jangan berani-berani ngedip kalo nonton Harry Potter. Mungkin itu sebabnya kenapa durasi film ini panjaaaaaaaaaaaaaang. Kayaknya kok mesti banget ya, seisi novel setebel ensiklopedia gitu ditumpahin semua di filmnya. Dengan cerita yang se-detail itu, setiap detiknya jadi berharga. Klo lagi nonton film yang laen, sering banget gw nyempetin diri buat bikin mie goreng ato becanda-becanda sama adek gw, bodo amat mo iklannya udah beres, kek. Tapi yang ini laen, karena kalo kehilangan satu adegan aja, bisa bengong.

Tapi bukan berarti film ini ga ada bagus-bagusnya, ya. Dobby, walopun karakternya ngeselin tapi justru jadi contoh betapa kreatifnya orang-orang di balik pembuatan film ini, esp. kru di bagian bikin-bikin efek canggih kayak gini. Walopun alur ceritanya sering bikin gw pengen jedotin kepala ke tembok rumah tetangga, tapi setting film ini ditambah efek-efeknya bikin gw bener-bener pengen jedotin kepala ke tembok rumah tetangga sambil teriak, “Wawww...... Auwww...... Oh, yeahhhh.......!!!!!”. Enam jempol buat filmmakernya (dua jempol lagi minjem ke tetangga).

Satu lagi, film ini semakin menambah kepercayaan gw kalo logat British itu sexy banget........ (dan gw beruntung pernah ketemu seorang cowok dengan logat British yang lumayan cihuyy......)

Rating : 2 kolor buat ceritanya yang melelahkan, 4 popcorn emas buat efek gambarnya, dan masing-masing 2 sikat gigi buat Dobby dan Myrtle Whatevahh..........bersihin WC gw, gih.

Tidak ada komentar: