Minggu, 15 Juli 2007

Review: 28 Days (ga pake "Later")

Tempo hari wkt gw nonton iklan di Trans TV (iyah, emang gw hobi nonton iklan, emang napa? Lbh trhormat drpd nonton sinetron kan?), gw liat iklan Theater Trans 7, katanya bsok ada film 28 Days. Asiik...gw kan blm prnh nonton ni film! Tp kyknya ada yg ga beres. Gw cari2 dmana kata LATER yg mestinya ada di belakang judul filmnya. Karena di belakang TV di kamar gw yg ada cm tokai curut dan di bawah tempat tidur cm ada tisu2 bekas lap ingus, maka gw brkesimpulan klo kata “Later” yg mestinya ada di belakang judul film itu ilang bkn gara2 gw, tp karena orang Trans 7 lupa ngetik. Trs gw liat ada adegan Sandra Bullock yg marah2 sambil tereak2 (persis kyk di sinetron2 Indonesia), dan gw mlai sadar klo judul film in memang bkn 28 Days Later, tp 28 Days Doang (…apa mirip doang?)

Gw masukin film ini ke agenda di hp gw: “Trans 7: 28 Days, 19:00” sambil trlalu bnyk brharap klo film ini bakal jd film drama yg bs bkin kita brpikir positif, kyk Serendipity (yg bkin gw yakin klo gw bs ktemu lg ama seorang cowo yg gw kenal Mei taon lalu) atau View From The Top (yg bkin gw yakin klo gw bs lbh cantik dr Gwyneth Palthrow klo gw pnya banyak duit trs operasi muka kyk Cameron Diaz). Dan yakk, bsoknya alarm hp gw brbunyi dan memunculkan tulisan yg sama.

Sayangnya, di film ini Sandra Bullock bkn yg kita kenal brmain cantik di Miss Congeniawhateva atau di film apa tuh yg naik bis trs di bisnya ada bomnya (bkn…bkn I Love You, Om… itu mah yg maennya Merriam Bellina. Hah, apa Mas? O, judulnya Speed ya? Makasih Mas, udah ngasitau. Situ baek deh, ama saya. Mo ga jd pacar saya?). Sandra Bullock di film ini adlh seorang alkoholik (jg pecandu obat sakit punggung) yg masuk panti rehabilitasi yg pnya rutinitas lbh konyol dr prkumpulan aliran sesat manapun (org2 di panti ini suka pegangan tangan trs mbentuk lingkaran kyk anak Pramuka ngelilingin api unggun, sambil nyanyi lagu2 yg intinya nyemangatin org buat ga nge-drugs lg, tp jatohnya malah konyol karena lirik lagunya spt dbuat oleh seorang nenek yg dulunya pencipta lagu taon 1920-an dan baru aja nonton Snow White and The Seven Dwarfs. Satu lagi, klo siang2 mreka kerjanya mainin kaki kuda. Katanya sbg latian buat brsabar ampe si kuda sudi ngangkat kakinya. Klo mo latian brsabar mah, itungin aja komedo di idung gw. Sabar kagak, mual iya). Sandra Bullock sbg Gwen pnya pacar yg namanya sama kyk nama yg biasa dberikan manusia kpd seekor kuda. Jasper –pacarnya Gwen- adlh seorang alkoholik jg. Ga tau knp si Gwen doang yg masuk panti, pdhl bkl lbh seru klo dua2nya masuk panti. Di panti, Gwen dpt bbrp tmn ‘gila’. Sekamar ama Andrea, cewe yg tampangnya gothic dan mirip ama Kelly Osbourne tp suka nonton sinetron yg mirip Tersanjung 6.

Ada jg cowo freak yg pake kacamata (mukanya mirip Jonathan Lipnicki 5 taon yg akan datang) yg gw kirain dia bisu karena pas dia ngomentarin curhatan tmnnya, suaranya ga jelas gt. Taunya dia lg mewek. Bencong.

Ada jg nenek2 yg gugupan, norak bgt deh. Ada jg cewe negro yg suka sewot. Dan bapak2 yg ga jelas kerjanya apa, tp kt si Gwen, si bpk itu tau banyak tentang medis. Dokter yg suka nge-drugs, mungkin? (kyk di film Indonesia yg prnh gw tonton…judulnya apa ya? Yg gw inget sih, di cover VCDnya ada tulisan “Pesan Dari Surga”, itu doang.)

Tp, di antara pasien panti yg sebenernya lbh cocok jd pasien RSJ ini, Gwen deketnya ama seorang cowo pasien baru yg nolongin Gwen wkt dia jatoh dr jendela loteng. Si pasien baru ini pemain baseball yg tampangnya macho bgt, tp hobinya nonton Santa Cruz (itu lo…sinetron yg suka ditonton ama si Andrea, yg gw bilang kyk Tersanjung 6…) Ga jelas dua2nya saling suka ato nggak, yg jelas dialog2 mreka ga penting smua (di slh satu scene, si cowo ngajarin cara nglempar bola baseball dgn bhs yg amat sangat puitis. Gw bingung, sebenernya film ini tentang Jangan-Jadi-Alkoholik-Klo-Loe-Gak-Mau-Mainin-Kaki-Kuda-Siang2 ato tentang Mari-Bermain-Kasti-Dengan-Baik-Dan-Benar?) –dan juga membosankan (di slh satu scene, dlm dialognya si cowo bilang klo dia prnh tidur ama istri sahabatnya. Penggambaran di Bridget Jones’ Diary jauh lbh cihuy dr ini…)

Dr bbrp menit durasi film ini, cm ada 3 adegan yg menegangkan. Satu, wkt Gwen nyetir pake mobil pengantin pnya kakaknya sambil teler trs nabrak teras rumah org. Dua, wkt Andrea mati bunuh diri di kamar mandi. Dan tiga, wkt Gwen lg sakaw, dia dgn teliti dan perlahan2 bkin kerajinan tangan…gelang2an dr bungkus permen karet Juicy Fruit. Gw salut deh, soalnya gw ga bisa. Nyokap gw bisa, tp biasanya pake bungkus permen Relaxa.

Gw brtahan nonton film ini ampe beres karena gw emang pnya kbiasaan, film yg gw tonton dr awal mesti gw toton ampe beres, walopun endingnya bkin gw jd pngen jedotin kepala ke pager rumah tetangga. Ending film ini, Gwen sembuh dan kluar dr panti, pulang trs ktemu pacarnya. Di jalan –somehow- ada kuda lg nganggur. Dan spt yg dpt kita duga, Gwen mainin kaki tu kuda. Besoknya, Gwen prgi ke toko taneman hias trs ktemu ama si cowo freak yg pake kacamata, slh satu tmn gilanya. Si cowo ini komplain ama yg pnya toko gara2 taneman yg dia beli jd layu. Penyebabnya, tu taneman lbh sering diajak ngobrol (iya lo, katanya sering diajak ngbrol!) ketimbang rajin disiram. Bodohnya…sama spt saya yg bodoh karena sama skli tdk menangkap inti dr film ini (wait, kyknya bkn gw deh, yg bego!). Oh ya, tunggu sampe kalian liat sablonan di belakang t-shirt si cowok freak, dan liat wajah siapa yg ada di situ.

Klo gw yg jd sutradaranya, mungkin gw bakal bkin endingnya jd:

Gwen depresi karena dia ga bs sembuh dr kecanduan alkohol. Gwen loncat ke sumur di belakang panti. 2000 taon kemudian, Gwen bangkit dr sumur dan nongol di kaca TV. Gwen ganti nama jd Sadako.

Hiii… ngeri, ah. Tp lbh ngeri klo nonton sinetron Indonesia yg isinya cm ibu2 yg marah2 ga jelas…

P.S : Gw jg kapok nge-fans sama Sandra Bullock.

Tidak ada komentar: