Minggu, 15 Juli 2007

Review: War of The World

Saya pernah pengen bgt nonton War Of The World. Selain karena ada Tom Cruise (The Most Georgeous Man Alive, menurut saya), juga karena thrillernya yg awesome. Seperti biasa, saya mengusap dada, bersabar menunggu 2-3 thn lg filmnya ditayangkan di TV.

Dasar mujur. Waktu saya buka laci buku di kamar saya, saya lihat ada DVD koleksi film2 Steven Spielberg. Saya putar otak, punya siapa? Ah...mungkin punya ibu saya. Mami saya emang suka gitu. Kalo punya barang baru, pasti disembunyiin dulu, 2-3 bln baru dikeluarin. Anehnya, mami saya sering nyembunyiin barang di kamar saya. Padahal, tau sendiri, kalo saya lg bete saya pasti bongkar2 isi rumah. Makanya, berdoa aja supaya saya gak sering2 bete, biar barang2 rahasianya gak ada yg kebongkar.

Tanpa kebanyakan mengusut DVD itu punya siapa, saya langsung ajak kakak saya buat nonton bareng. Dari 7 film yg ada, pilihan saya Cuma 2: Munich dan War of the World. Pastinya, War Of The World-lah yg akhirnya kami tonton.

Menit pertama...ok. film dimulai dengan sekumpulan amuba dalam tetesan embun di atas daun. Agak cemen, memang. Cuma tonton dululah. Toh, saya percaya, seorang Spielberg gak akan pernah bikin film cemen.

Menit2 berikutnya...well, ok. Ray Ferrier (Tom Cruise) punya 2 anak –salah satunya Dakota Fanning- yg tinggal sama mantan istrinya yg sekarang lg hamil. Ferrier mendadak jadi baby sitter karena mantan istrinya dan suami barunya pergi ke suatu tempat (kalo ga salah ke rumah orang tuanya. Kalo gak salah, ya. Kalo salah, ya maaf. Tapi kalo bener, kok ya keterlaluan bgt. Masak cucunya gak boleh ikut ke rumah neneknya?). Oke lah, tonton aja dulu.....

Lama-lama, saya dan kakak saya kayak duet nguap. Dan setiap uap ngantuk yg dikeluarkan oleh kami, semakin berkuranglah popcorn emas buat film ini. And let’s say welcome to the Kancuts....!!!

Kemudian, setelah mengikuti jalan ceritanya, ternyata...:

1. Kita ga usah takut sama alien. Mereka sama gobloknya kayak kita. Sama2 narsis dan hobi ngaca. Lagian, kenapa juga alien2 itu mesti ngacak2 basement orang cm buat nyari ada orang yg selamet ato nggak. Padahal, kalo aliennya belajar fisika dan ngerti kalo yg namanya bom atom itu bisa menghasilkan energi yg luar biasa buat menghancurkan sebuah kota sekaligus penduduknya, alien2 itu pasti lebih milih bikin bom atom ketimbang capek2 ngegeledah basement orang. Hasilnya, selain seluruh penduduk kota itu mati, durasi film juga lebih pendek, waktu gw gak kebuang percuma, dan Spielberg gak akan ngerasain bikin film (yg dia pikir) fenomenal, tapi sama sekali ga balik modal......

2. Mau tau gimana caranya ngalahin alien? Datengin Wiro Sableng! Wong si Ray Ferrier aja bisa bikin alien kabur cuma beberapa kali tebas pake kapak!

3. jangan ngerasa lebih bodoh dari Amerika. Spielberg telah menunjukkan kebodohan orang2 Amerika yg dengan gobloknya malah nyamperin tiap kali aliennya nyerang mereka. Oke lah, maybe American’s not all stupid, but at least those who became the characters of this movie are the stupidest Americans I’ve ever seen.

4. Spielberg pengen bgt jadiin Tom Cruise sebagai superhero disini, ketauan bgt dia mengakomodasi si main character supaya hidupnya beruntung terus. Spielberg nyuci mobil Ray Ferrier sampe kinclong, padahal rumah Ferrier baru aja kejatuhan pesawat. Rumah tetangganya ancur, propeler pesawat masuk ruang makan sampe gw kira kipas angin, tapi mobilnya tetep utuh, padahal cuma beda beberapa senti dari pesawat yg jatuh. Mbok ya dibikin lecet2 dikit toh, Mas Spielberg... biar realistis gitu looh...!!

5. Entah kenapa, tokoh anak pertama Ferrier obsesif bgt ngejar tank tentara. Sampe akhirnya dia mati waktu ngejar tank. Mati?? Ah, nggak juga. Somehow, pas endingnya dia udah ada di Boston, di rumah neneknya. Ternyata Tripod itu bukan kendaraan alien, tapi taksi luar angkasa!

6. Pertama kali saya ‘nonton’ War Of The World adalah dari potongan parodinya di Scary Movie 4. Karena waktu itu saya belum nonton War Of The World, jadi saya pikir ‘ah, keren bgt nih, penulis ceritanya. Film serius dibikin plesetan’. Serius? Ah, nggak juga. Karena film War Of The World yg asli jauuuuuh lebih konyol dari plesetannya di Scary Movie 4.

7. Bagian paling konyol dari film ini yg bikin saya dan kakak saya ketawa ngakak (lebih ngakak dari waktu kita nonton folm Mr.Bean hari sebelumnya) yaitu waktu Tom Cruise nyanyi semacam lagu lullaby buat anaknya. Menurut saya, ini cukup bikin saya ilfil sama Tom Cruise. Mendingan Tom Cruise gabung aja sama personil Coba Lagi Award-nya Indonesian Idol.....


So, buat film in saya kasih 3 bintang………

...oops!!! Maaf, 3 bintang di atas bukan untuk filmnya, tapi untuk Dakota Fanning yg telah berakting dengan sangat brilliant sampai mempecundangi Tom Cruise yg lebih memilih banting image dengan menyanyi seperti Mami-nya Joshua di film Ekskul....

Mungkin kalo sekarang saya gabung sama Ferry Siregar, Dodi Mahendra, Nanda Meilani, dan Mikael Johani di Sinema Indonesia, mungkin saya bakalan ngasih 4 kancut buat film ini. Satu kancut lagi saya tahan dengan pertimbangan 3 bintang-nya Dakota Fanning yg sedikit banyak telah menolong image film ini, walaupun tak mampu mengubah pendapat saya bahwa War Of The World adalah film paling konyol dan paling maksain yg pernah saya tonton. Biarlah Mr.Spielberg dan 4 kancutnya berenang ke laut aja, ketimbang terus bikin War of The World part 2...

Wahai Mas Spielberg, maafkanlah saya...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Iya sih...konyol juga tuh film
Tapi sekonyol-konyolnya film itu, masih lebih konyol lagi film2 Indonesia...

Unknown mengatakan...

Benul kk anonim se7h