Senin, 03 September 2007

Curhatan Penumpang Kereta

8 ORANG MATI DIBUNUH DUKUN GADUNGAN DI LEBAK, BANTEN

Bagus. Nambah satu lagi deskripsi tentang tempat tinggal gw.

Dulu gw tergila-gila sama yg namanya chatting. Tiap kali ke warnet pasti niatnya mo chatting. Dan yg paling gw inget tiap kali gw chatting, urutan obrolannya adalah seperti ini:

: Hi. Asl pls

: 18 f banten. U?

: 18 m jakarta (misalnya........)

: bantennya dmana?

: Rks

: hah? Apaan tuh?

: Rangkasbitung

: yg mana y?

: Lebak

: yg mana tuh?

*Sampe sini, terpaksa gw keluarin jurus pamungkas*

: Itu loh, yg wakil bupatinya ditangkep gara2 bawa shabu, yg kereta apinya sering kecelakaan trs prnh didemo, yg sering kebanjiran, yg prnh kena wabah lumpuh layu, yg prnh jd tmpt upacara Hardiknas gara2 tingkat pendidikannya terendah se-Indonesia.....

: Masa ga tau, kan sering msk tipi?

: aduh, maap mbak, saya ga pnya tipi....

: tut...tut...tut... maap, nomor yg anda tuju belum terpasang...

Dan pernah lebih parah lagi. Waktu itu gw pernah chat sama orang Indonesia yg ga tau kalo di Indonesia ada sebuah provinsi bernama Banten. Mungkin selama ini dia tinggal di dalem sumur dan cuma keluar setiap 2000 taon sekali. Namanya Sadako.

Dan ternyata bukan cuma gw aja yg ngalamin kayak gini. Waktu itu ceritanya kakak gw baru pindah kosan. Sebagai anak baru di kosan itu, pastinya banyak yg ngajak kenalan. Samapai pada suatu ketika ada seorang cowok yg nyapa,

Cowok : “Eh, baru pindah ya?”

Kakak gw : “Iya,”

Cowok : “Asalnya dari mana?”

Kakak gw : “Rangkas.....”

Cowok : “Rangkas? Oh...itu ya, RANGKASDENGKLOK ?”

Kakak gw : *pengen terjun dari loteng karena ga kuat nahan ketawa*

Dan ternyata, hal ini juga terjadi di salah satu episode Gong Show beberapa minggu yg lalu waktu Ari Untung ngenalin seorang kontestan dari Rangkasbitung. Dan dia bilang Rangkasbitung adalah kota tempat Soekarno-Hatta diculik sebelum tanggal 17 Agustus......

Hyahh......

Betapa sulitnya ngejelasin kondisi geografis dan demografis (cie...apaan tu?) dari kabupaten Lebak. Padahal kalo orang2 yg gw ajak chat itu pd punya atlas ato sering nonton Buletin Malam RCTI yg tayangnya lewat dari jam 12 malem pasti tau Lebak kayak gmana. Dsitu sering ada berita tentang Lebak, walopun yg diliput cuma daerah pinggirannya aja sampe terkesan Lebak ini kampung bgt. Mulai dari anak kecil yg ngisi liburan lewat main mobil2an yg dibikin dari bahan alami karena ga ada duit buat beli yg cihuy, ibu2 yg terpaksa masakin iwung (semacem rebung, rasanya hambar) buat lauk temen nasi karena ga ada duit buat beli lauk laen, juga sekeluarga yg makan pake sate keong yg diambil dr sawah, lagi-lagi.....karena ga ada duit. Dan sekarang, 8 orang dibunuh di Lebak sama seorang dukun gadungan yg katanya bisa.......menggandakan duit.

Hal ini emang gak bisa ditolak, karena toh emang bener kayak gitu kenyataannya. Dan kondisi ini berbanding terbalik sama kondisi masyarakat Lebak yg tinggal di ibu kotanya, Rangkasbitung. Dari sejak gw brojol ampe sekarang, kurang lebih selama 18 taon ini gw jd warga Rangkasbitung udah banyak yg gw liat dan alami. Dan salah satu yg bakal gw bahas kali adalah tentang.... jreng-jreng-jreng......:

*Kereta Api Sering Kecelakaan dan Pernah Didemo

Mungkin kecelakaan kereta yg lokasinya di Rangkas itu jarang bgt, tapi keretanya yg sering kecelakaan. Entah itu dari Rangkas ato menuju Rangkas. Bahkan kalo ga salah Tragedi Bintaro yg heboh bgt itu kereta Rangkas - Jakarta, ya? Beberapa bulan yg lalu kereta dari Rangkas malah didemo di stasiun Parung, katanya gara-gara sering telat. Padahal kenapa gak demo aja kantor Perumka ato rumah masinisnya, jangan keretanya yg dicegat di tengah jalan terus disuruh gak jalan. Dan bahkan beberapa hari yg lalu gw baca di koran tentang SBY yg ngeresmiin jalur double track di Serpong bilang kalo jalur Rangkas-Jakarta yg paling rawan. Statement ini mendukung gosip yg beredar kalo kereta Rangkas - Jakarta ato Jakarta - Rangkas (ga tau yg mana) banyak copet dan tukang todong, selain juga banyak ibu-ibu yg jualan leupeut Maja dan telor asin.

Hal ini bikin gw teringat kenangan masa kecil, ouwh......

Waktu itu gw masih SD. Kalo ga salah kelas 3 SD. Gw maluuuuu bgt ama temen2 sekelas karena gw jadi satu2nya orang yg blom pernah naik kereta. Bayangin, gw kelas 3 SD dan gw diledekin temen2 sekelas hanya karena gw blom pernah naik kereta (waktu SMA gw ditakut-takutin sama temen2 hanya karena gw blom pernah kena penyakit cacar. Ada apa sih, dengan orang2 ini?). Waktu itu tiap kali gw ke luar kota emang biasanya pake mobil punya nenek gw. Pada suatu hari, gw ngadu sama nyokap yg kemudian ngebocorin hal ini ke nenek gw. Akhirnya, seminggu kemudian nenek gw membawa sebuah berita bahagia: KITA AKAN PERGI KE BEKASI PAKE KERETA. Dan besoknya gw langsung memberitakan kabar gembira ini ke temen-temen. Buat anak kelas 3 SD yg belom pernah naik kereta hal ini adalah berita besar. Kalimat “Akhirnya gw naik kereta juga” sama seperti “Akhirnya gw ngerasain ML juga”. It’s a big-big-big news. Dan temen2 gw langsung bilang “Ooh....selamat ya!!” disertai harapan2 mereka, termasuk pesan2 mereka kalo ntar gw udah ada di dalem kereta. Ternyata, naik kereta untuk pertama kalinya --di mata anak-anak SD-- sama seperti pergi naik haji.

Hari yg telah lama dinanti pun tiba. Hari itu bener2 cerah, entah karena gw emang bener2 seneng, ato mungkin di jidat gw nempel lampu bohlam. Cerah sekali. Gw lupa waktu itu kita tepatnya mo kemana, kalo ga salah ke rumah tante gw di Bekasi. Tapi sayangnya, pengalaman pertama tidak berarti pengalaman terindah, karena kereta yg gw tumpangin hari itu adalah kereta dari kasta terendah di stratifikasi dunia perkereta-apian (ga tau apa namanya, mungkin kelas ekonomi). Waktu SMA akhirnya gw tau, dari cerita temen gw yg pulang-pergi dari rumah ke sekolah pake kereta, jenis kereta kayak gini adalah kereta yg paling baek, karena dia ga pernah masuk penjara atopun dikejar petugas walopun tiap kali dia naik kereta dia gak pernah bayar. Tempat duduknya kayak angkot, panjang gitu, bukan kayak di bis yg duduknya dua orang - dua orang. Selaen kayak angkot, penumpangnya juga penuh bgt, dan 10%nya adalah pedagang, banyak bgt. Seperti yg lazimnya ditemui di semua kereta dari atau menuju Rangkas, pedagang yg paling mudah diidentifikasi adalah ibu2 yg jualan leupeut Maja dan telor asin. Gw yg waktu itu badannya masih kurus kering (ditambah lagi, gw masih kelas 3 SD. Camkan ini, gw masih kelas 3 SD!! Apa sih....), duduk di tengah orang2 dewasa yg badannya gede di kereta yg penuh gini berasa jadi kayak bulu ketek, dijepit dan dikempit.

Begitu gw balik lagi ke sekolah, gw males cerita ke temen2 tentang pengalaman pertama gw naik kereta, coz it’s a nightmare.

Dan beberapa taon berikutnya nenek-kakek gw ngajak gw naik kereta lagi. Kali ini agak mendingan, karena tempat duduknya kayak di bis dan keretanya agak sepi.

Dan beberapa taon kemudiannya lagi, gw ngalamin nightmare --sekali lagi-- dalem kereta. Waktu itu gw kelas 6 SD dan menang undian di tabloid yg hadiahnya nonton konser Westlife. Balik nonton konser karena udah kemaleman bgt, akhirnya gw dan bokap gw memutuskan buat naik kereta, karena waktu itu bis ke Rangkas udah abis dan bokap gw emang belom punya mobil. Waktu itu sekitar jam 8-9 malem. Kereta yg kita tumpangin emang yg tempat duduknya kayak di bis, tapi ga ada lampunya. Itu pertama kalinya gw naik kereta malem-malem dan gelap-gelapan. Sumpah, di tempat penumpang ga ada lampunya sama sekali, dari barisan depan sampe ekor kereta. Itu aja udah mending ada penumpangnya. Muka bokap gw ampe ga keliatan. Yg kebayang di pikiran gw waktu itu adalah, gimana kalo seandainya kita ketiduran, dan waktu gw bangun ternyata bokap gw udah ga ada di sebelah gw, dan yg duduk di samping gw adalah preman kereta item-jelek-bertato. Mungkin gw udah diculik terus disuruh kerja di rumah bordil. Dan kalo gitu, mungkin sekarang gw udah punya anak 9, dada gw turun, dan jalan gw ngangkang gara2 keseringan ‘dijebol’. Na’udzubillah.........

Untungnya, kita nyampe rumah dengan keadaan selamat sejahtera aman sentosa gemah ripah loh jinawi tut wuri handayani.

Saran gw buat pemerintah, tolong dong, emang enak malem-malem naek kereta gelap-gelapan? Mana kacanya pada pecah. Gimana kalo pas naek kereta malem-malem, ga ada lampunya, di tengah kegelapan mendadak ada yg nyolek gw dari jendela. Ternyata makhluk semacem Leak Bali yg ada di Harry Potter and The Prisoner of Azkaban yg masuk lewat jendela waktu si HarPot lagi naik kereta. Gw pernah liat di tipi kalo kereta api di India banyak yg kondisinya rusak parah kayak di Indonesia, dan bahkan lebih parah karena penumpangnya lebih penuh, bahkan sampe keluar-keluar kayak bulu idung. Okelah, emang penting juga naikin anggaran APBN buat sektor pendidikan, tapi tolong juga dong, benerin transportasinya. Kemaren2 udah kena batunya tuh, transportasi di Indonesia mendadak ‘berlomba-lomba’ buat bikin berita, berita duka lebih tepatnya. Nggak pesawat, nggak bis, nggak kereta, nggak angkot, nggak kendaraan pribadi, semuanya kena. Bangga bgt si, beli kendaraan bekas? Dan ternyata bukan cuma transportasi umum aja yg bekas (kalo ga salah beberapa kereta di Indonesia diimpor dari Jepang, tapi bekas), tapi kendaraan militer juga, termasuk pesawat apa tuh, yg bekas militer Rusia?

Dan baru kali ini gw bikin postingan buat blog ini sambil diselingi hembusan nafas panjang dan geleng2 kepala yg menandakan --tumben-tumbenan-- gw khawatir dengan kondisi negeri ini

Hhhhhh.............................

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya Cinta Rangkas!!
Ayye!!!!


*melanjutkan misi pencarian bloger Rangkasbitung*