Minggu, 07 Oktober 2007

Hobi Yang Aneh

Setiap orang bisa jadi orang gila di mata orang laen. Misalnya, tiap kali kita liat Einstein, kita selalu bilang, “Gila.....jenius banget!”. Tiap kali kita liat SBY, kita bilang, “Gila....menantunya cantik banget!”. Tiap kali liat Pamela Anderson, kita bilang, “Gila....toketnya gede banget!”. Dan tiap kali liat gw, temen-temen gw selalu bilang, “Gila....goblok banget lo, Re!”

Kita bisa menilai orang laen gila ato nggak dari berbagai aspek. Misalnya, dari hobinya. Gw ga bakal cerita tentang hobi gw ngupil pake jempol kaki. Tapi gw bakal cerita tentang hobi temen gw yg aneh, unik, dan nyentrik.

Sekarang ini gw masih dalam masa adaptasi di tempat gw yg baru. Masih banyak temen-temen sekelas yg belom gw tau namanya. Tapi kebanyakan dari mereka udah kenal gw. Ya, mereka pasti kenal gw karena gw suka nyanyi-nyanyi fals sambil teriak-teriak kalo lagi ga ada dosen, dan sering ngaku-ngaku kembarannya Paris Hilton (sumpah, ini serius). Anehnya, temen sekelas yg belom gw tau namanya semuanya cowok, kalo cewek-ceweknya gw dah tau semua. Soalnya ada beberapa yang mukanya mirip-mirip.

Tapi, walopun gw ga tau nama mereka, gw udah mulai ngenalin mereka dari ciri khasnya masing-masing. Ada yg suka pake baju pink (dia cowok, lo. hiiii......), ada yg suka pake baju ijo yg gambarnya kayak logo KFC, ada juga yg kerjanya dieeeeem mulu (mungkin dia lagi mikirin gimana caranya buat bilang, “Hai, kenapa ya, saya ada di sini? Saya kan, diterima di UI...”, tapi ga enak takut digampar rame-rame). Dan yg satu ini, entah siapa namanya, dia punya hobi yg unik.

Waktu itu kita lagi nunggu mata kuliah berikutnya yg jedanya cuma 30 menit dari mata kuliah sebelumnya. Kita nunggu di koridor lantai 2 di gedung C. Ada yg maenin hape, ada yg ngobrol, ada yg tiduran, pokoknya udah kayak di ruang tamu rumah sendiri, deh. Gw sendiri lagi duduk nyender sambil ngobrol-ngobrol di deket tangga. Kemudian, seorang temen sekelas dateng nyamperin temen gw yg duduk di deket gw. Dan mata gw tertuju pada sesuatu.

Si temen sekelas –dia cowok- pake t-shirt, jeans, dan tas selempang. Sejauh ini sih, normal-normal aja, sampe akhirnya gw liat sesuatu yang ngegantung di tasnya. Bukan, bukan jemuran. Tapi lebih mirip kayak obeng kecil, banyak (sekitar 10 biji ato lebih), yg digantung di besi bulet yg biasa dipake di gantungan kunci. Gw perhatiin, itu apa...... Gw awalnya ngira itu obeng, karena bokap gw dulu juga punya obeng yg bentuknya kayak gitu, atasnya bolong bentuk segitiga buat masukin ke gantungan besi yg bulet itu, terus ujung bawahnya gepeng. Bedanya, kalo obeng punya bokap gw macem-macem, salah satunya ada yg gw kenal sebagai ‘obeng kembang’, buat benerin baut gitu deh, ga ngerti gw. Dan lagi, obengnya gede-gede, ga kayak yg digantung di tas temen gw yg mulai terlihat aneh ini. Ukurannya kecil-kecil dan semuanya sama.

Pikiran yg macem-macem udah mulai keliaran. Jangan-jangan dia nyambi jadi montir. Jangan-jangan dia nyambi jadi tukang servis tipi. Dan......O, My God...... jangan-jangan dia nyambi jadi maling motor!! Itu loh, yang di acara tipi macem Buser ato Sidik Jari ada maling motor yg pake kunci Letter T, mungkin itu yg namanya kunci Letter T!!

Gw dan temen-temen akhirnya nunggu dosen di dalem kelas. Gw pun ngobrol-ngobrol lagi ama temen-temen, dan agak lupa sama si (tertuduh) maling motor itu. Sampe akhirnya pas gw lagi maenin hape, sayup-sayup terdengar di telinga (tsaaaah.....) suara temen gw nanya ke seseorang, “Eh, itu apaan sih?”. Kemudian, si yg ditanya ngejawab, tapi suaranya ga nyampe ke kuping gw, terus dia nanya lagi, “Hah?!? Elo hobi ngumpulin pembuka kaleng sarden ampe lo jadiin gantungan kunci gitu? Berapa?? Dua puluh?!?!!!”

Dan setelah gw tengok ke samping, itu adalah si (terdakwa) maling motor yang lagi ngejawab pertanyaan temen gw.

Buset....ternyata itu tadi bukaan kaleng sarden, toh! Apa?? Dia ngumpulin bukaan kaleng sarden ampe 20 biji?!?!?? Buset...bener-bener gila ni orang... (terinspirasi buat nyari hobi baru: ngumpulin diapers bekas)

Hobi gw yg satu ini sama sekali ga ada yg tau. Kalo di rumah, gw suka buka-buka kulkas, masukkin kepala, ngadem bentar, ngambil botol aer, dan “Glekkk...!!!”, langsung nenggak aer dari botol. Botolnya pun ga tanggung-tanggung, botol sirup marjan ato sirup ABC gitu. Rasanya ada sensasi laen kalo gw minum langsung dari botol. Tapi pada suatu hari, hobi ini membawa petaka bagi gw....

Hari itu kayak hari-hari biasanya. Buka kulkas, masukin pala, ngadem bentar, dan nenggak aer langsung dari botol, taro lagi botolnya, tutup lagi kulkasnya. Semua biasa aja.

Sekitar sejam kemudian, kayak gitu lagi. Dan gw masih nenggak aer dari botol yang sama. Cuma kok, ada yang aneh. Mata gw menangkap sesuatu yang aneh di dasar botol. O, My Goddddddd..................!!!!!!!!!!!!!!!!! DALEM BOTOL BANYAK SEMUTNYA........!!!!!!!!!!!!!!!

Semutnya kecil-kecil, pantesan tadi ga kerasa waktu gw minum pas pertama kali. Entah kenapa dan gimana caranya tu semut bisa nyasar disitu. Mungkin karena tu botolnya bener-bener bekas sirup yg baru abis banget, terus dicucinya kurang bersih, jadi masih ada manis-manis bekas sirupnya, terus pas aernya udah diisi tapi belum dimasukin ke kulkas, semutnya pada masuk ke dalem botol.......

......tapi itu baru teori pertama. Mungkin kita juga mesti percaya sama teorinya Darwin kalo benda hidup itu berasal dari benda mati. Hiiiii........ogah, deh!!

Tidak ada komentar: